Makalah Tanggung jawab guru



TANGGUNG JAWAB GURU
PROFESI KEGURUAN
MAKALAH


Disusun oleh:
Ach. Zamroni Yahya ( 148620600269)
Titin Eka Elianti (148620600)

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PGSD (B3)
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO
TAHUN AJARAN 2015/2016


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita, sehingga kita bisa menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Tanggung Jawab Guru” dengan tepat waktu. Tujuan menyusun makalah ini adalah untuk melengkapi tugas mata kuliah Profesi Keguruan.
            Dalam menyelesaikan makalah ini kami mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu kami mengucapkan terimah kasih kepada pihak yang membantu yakni dosen kami pak Edwin, dan teman-teman kami yang membantu dan mensuport kami dalam menyelesaikan makalah ini.
            Kami berharap semoga dengan disusunnya makalah ini kita dapat memberikan ilmu pengetahuan kepada para pembaca. Kami menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.


                                                                                    Sidoarjo, 10 Oktober 2015


                                                                                                Penulis











DAFTAR ISI


Kata pengantar ...................................................................................................................
Daftar isi ............................................................................................................................
BAB I Pendahuluan
1.                  Latar belakang ..........................................................................................
2.                  Rumusan masalah ......................................................................................
3.                  Tujuan penulisan ........................................................................................
4.                  Manfaat penulisan .....................................................................................
BAB II Pembahasan
1.                  Tugas Guru ................................................................................................
2.                  Tanggung  Jawab Guru .............................................................................
BAB III Penutup
1.                  Simpulan ...................................................................................................
Daftar Pustaka ....................................................................................................................


















BAB I
PENDAHULUAN

1.                  Latar belakang
Belajar dapat diartikan sebagai proses perubahan tingkah laku pada diriindividu berkat adanya interaksi antar individu ataupun antara individu denganlingkungannya. Dalam pengertian ini terdapat kata "perubahan" yang berartibahwa seseorang setelah mengalami proses belajar akan mengalami perubahanbaik dari segi tingkah laku, pengetahuan, maupun sikapnya.
Mengajar pada prinsipnya adalah membimbing siswa dalam kegiatanbelajar atau mengandung pengertian bahwa mengajar merupakan suatu usahamengorganisasi lingkungan sebagai bahan pengajaran dalam proses belajar.
Proses belajar mengajar merupakan suatu proses dimana didalamnyaterdapat serangkaian interaksi timbal balik antara guru dan murid demi mencapaitujuan edukatif. Proses belajar mengajar merupakan inti dari pendidikan secarakeseluruhan dengan guru sebagai pemegang peranan utama. Karena pentingnyaguru dalam proses belajar ini, maka guru dituntut untuk bisa menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pengajar.

2.    Rumusan masalah
Dari latar belakang diatas dapat disimpulkan rumusan masalah adalah:
1.      Bagaimanakah tugas dan tanggung jawab guru?
2.      Apa saja tugas guru?
3.      Apa saj tanggung jawab guru?

3.      Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah:
1.      Mengetahui tugas seorang guru.
2.      Mengetahui tanggung jawab seorang guru.

4.      Manfaat penulisan
1.      Bagi penulis
Penulisan makalah ini dapat menambah wawasan penulis dalam tugas dan tanggung jawab standard kompetensi guru
2.      Bagi Pembaca
Dapat memberikan informasi kepada pembaca dan semoga dapat menambah wawasan tentang tugas dan tanggung jawab standard kompetensi guru






























BAB II
PEMBAHASAN

1.                  Tugas Guru

Guru adalah gambaran seorang pemimpin. Guru adalah sosok arsitektur yang dapat membentuk jiwa dan watak anak didik. Guru memiliki peran untuk membentuk dan membangun kepribadian anak didik menjadi seorang yang berguna bagi agama, nusa, dan bangsa. Guru bertugas mempersiapkan generasi penerus bangsa yang cakap dan diharapkan dapat membangun dirinya dan membangun bangsa dan negara agar menjadi lebih baik lagi pada masa yang akan datang.
Tugas guru bukan hanya sebagai suatu profesi, tetapi juga sebagai suatu tugas kemanusiaan dan kemasyarakatan. Tugas guru sebagai suatu profesi menuntut kepada guru untuk mengembangkan profesionalitas diri sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Termasuk mendidik, mengajar, membimbing, serta melatih adalah tugas guru sebagai profesi. Tugas kemanusiaan adalah salah satu segi tugas guru. Hal ini tidak dapat diabaikan begitu saja oleh seorang guru karena guru harus terlibat dengan kehidupan di masyarakat dengan interaksi sosial. Guru harus menanamkan nilai-nilai kemanusiaan kepada anak didik. Guru harus dapat menempatkan diri sebagai orang tua kedua dengan mengemban tugas yang telah dipercayakan orang tua kandung/wali dari anak didik dalam kurun waktu tertentu.
Menurut Asmuni Syukir, ada tiga  macam tugas guru yaitu:
1.                  Tugas Profesional
Tugas profesional guru meliputi mendidik, mengajar dan melatih/membimbing, serta meneliti (riset). Mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup. Mengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Melatih/Membimbing berarti mengembangkan ketrampilan-ketrampilan peserta didik. Dan meneliti untuk pengembangan kependidikan.
2.                  Tugas Sosial
Misi yang diemban guru adalah misi kemanusiaan, yaitu  “pemanusiaan manusia” dalam artian transformasi diri dan auto-identifikasi peserta didik sebagai manusia dewasa yang utuh. Karenanya di sekolah,  guru  harus dapat menjadikan dirinya sebagai “orang tua kedua”  bagi peserta didik, dan di masyarakat sebagai figur panutan “digugu dan ditiru”.
Realitanya, masyarakat menempatkan guru pada tempat yang lebih terhormat di lingkungannya karena dari seorang guru diharapkan masyarakat dapat memperoleh pengetahuan. Ini berarti bahwa guru memiliki kewajiban untuk mencerdaskan masyarakat dan bangsa menuju pembentukan manusia seutuhnya. Karenanya pantaslah Bung Karno menyebut pentingnya guru dalam masa pembangunan adalah sebagai “pengabdi masyarakat”.
3.                  Tugas Personal
Tugas personal menyangkut pribadi dan kepribadian guru. Itulah sebabnya setiap guru perlu manatap dirinya dan memahami konsep dirinya. Seorang guru harus mampu berkaca pada dirinya sendiri. Bila ia berkaca pada dirinya, ia akan melihat bukan satu pribadi, tetapi ada tiga pribadi, yaitu:
(1) Saya dengan konsep diri saya (self concept)
(2) Saya dengan ide diri saya (self idea)
(3) Saya dengan realita diri saya (self reality)

Jadi tugas guru yang dimaksud adalah tugas yang terikat oleh dinas maupun di luar dinas, dan dalam bentuk pengabdian. Sehingga keberadaan guru merupakan faktor yang tidak mungkin digantikan oleh komponen mana pun dalam kehidupan bangsa sejak dahulu, karena keberadaan guru bagi suatu bangsa amatlah penting, apalagi bagi suatu bangsa yang sedang membangun, terlebih-lebih bagi keberlangsungan hidup bangsa di tengah-tengah lintasan perjalanan zaman dengan teknologi yang semakin canggih dan segala perubahan serta pergeseran nilai yang cenderung memberi nuansa kepada kehidupan yang menuntut ilmu dan seni dalam kadar dinamik untuk dapat mengadaptasikan diri.


2.                  Tanggung jawab guru
Guru dikatakan sempurna apabila mempunyai tanggung jawab yang dijalankan dengan baik. Guru adalah seorang pendidik yang juga merupakan pembimbing. Dalam bidang kemanusiaan di sekolah, guru harus bisa menjadi dirinya sebagai orangtua kedua bagi siswa. Seorang guru harus bisa menarik simpati agar menjadi idola para siswa dan disukai sehingga siswa senang belajar dengan guru.Tanggung jawab guru yaitu:
1.          Guru bertanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan kepada diri siswa baik kepribadian, watak serta jasmaniah. Menyalurkan ilmu pada murid sebenarnya bukan pekerjaan yang sulit. Namun membina murid supaya menjadi manusia berkarakter pasti bukan pekerjaan yang gampang. Mengembangkan watak dan kepribadiannya, sehingga mereka memiliki kebiasaan, sikap, cita-cita, berpikir dan berbuat, berani dan bertanggung jawab, ramah dan mau bekerja sama, bertindak atas dasar nilai-nilai moral yang tinggi, semuanya menjadi tanggung jawab guru.
2.          Seorang guru bertanggung jawab untuk memberikan bimbingan kepada siswa. Bimbingan tersebut supaya siswa bisa mengenal dirinya sendiri, menyelesaikan masalahnya sendiri, serta mempunyai emosional yang baik.
3.          Guru bertanggung jawab untuk melakukan diagnosis dari kesulitan belajar serta melakukan penilaian belajar siswa, melakukan penelitian. Guru sebagai orang yang bergerak dibidang pendidikan harus selalu memperbaiki caranya bekerja.
4.          Guru bertanggung jawab untuk masyarakat. Dalam bidang kemasyarakatan, merupakan tugas guru yang tidak kalah pentingnya. Pada bidang ini tugas mendidik dan mengajar masyarakat untuk menjadi warga negara Indonesia yang bermoral Pancasila. Jika dipahami secara mendalam, maka tugas guru tidak hanya sebatas dinding sekolah melainkan juga sebagai penghubung antara sekolah dan masyarakat. Salah satu contoh, seorang anak di masa yang akan datang hidup dan bekerja serta mengabdikan diri dalam masyarakat, dengan demikian guru harus melatih dan membiasakan anak agar seorang anak dapat terjun dalam masyarakat.Guru bertanggung jawab untuk ikut menyukseskan pembangunan yang merupakan cara paling tepat untuk membawa masyarakat menjadi kesejahteraan. Pembangunan tersebut adalah pembangunan bidang spiritual dan materiil.
5.          Guru mempunyai tanggung jawab moral dimana setiap guru harus mempunyai kemampuan untuk menghayati perilaku serta etika yang sesuai dengan Pancasila sekaligus mengamalkannya. Tanggung jawab guru dalam bidang pendidikan di sekolah adalah harus menguasai cara pengajaran yang efektif dimana guru harus bisa menjadi model bagi murid, bisa memberi nasihat, menguasai teknik bimbingan serta layanan dan bisa membuat serta melaksanakan evaluasi yang lain.

Guru adalah orang yang bertanggung jawab mencerdaskan kehidupan anak didik. Pribadi yang baik adalah yang diharapkan ada pada setiap anak didik. Dengan sabar dan bijaksana seorang guru memberikan nasehat mengenai bagaimana cara bertingkah laku yang sopan pada orang lain. Mentransfer ilmu pengetahuan kepada anak didik adalah suatu hal yang dinilai mudah, tetapi untuk membentuk jiwa serta sikap perilaku yang baik anak didik merupakan tantangan tersendiri bagi seorang guru. Sebab, anak didik yang dihadapi adalah makhluk yang berakal serta memiliki potensi yang perlu dipengaruhi dengan sejumlah nilai dan norma yang sesuai dengan ideologi dan agama.
Tanggung jawab guru adalah menunjukkan aturan nilai dan norma yang berlaku agar anak didik dapat memahami perbuatan atau tingkah laku mana yang boleh dan tidak untuk dilakukan, perbuatan yang susila dan asusila serta perbuatan yang moral dan amoral. Semua itu harus tercermin dalam tingkah laku seorang guru karena anak didik lebih banyak menilai dari apa yang ditampilkan guru dari pada apa yang guru katakan. 














BAB III
PENUTUP

1.      Simpulan
Guru bertugas mempersiapkan generasi penerus bangsa yang cakap dan diharapkan dapat membangun dirinya dan membangun bangsa dan negara agar menjadi lebih baik lagi pada masa yang akan datang.
Guru bertanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan kepada diri siswa baik kepribadian, watak serta jasmaniah. Guru bertanggung jawab untuk masyarakat. Guru mempunyai tanggung jawab moral dan Seorang guru bertanggung jawab untuk memberikan bimbingan kepada siswa.
Tugas dan tanggungjawab guru tidak dapat dibatasi oleh ruang dan waktu. Dia tidak terikat oleh keterbatasan jam dan kelas untuk mendidik. Karena proses belajar tidak hanya dilakukan di sekolah namun dibutuhkan di lingkungan untuk membentuk karakter dan kepribadian siswa, atau sekurang-kurangnya dapat membentuk landasan yang berarti untuk bekal siswa selanjutnya.


















DAFTAR PUSTAKA

Syukir, Asmuni. Tugas dan Peran Guru. www.asmunistkip.wordpress.com
hendririyatul.blogspot.co.id/2012/03/tugas-dan-tanggung-jawab-guru.html.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah kompetensi guru

Makalah Konsep Dasar Antropologi

tingkat dan jenis profesi dalam dunia pendidikan